Desa KendalKabupaten Pacitan

Tingkatkan Kualitas Pakan Ternak, Mahasiswa UGM Tanam Rumput Gama Umami di Desa Kendal

Berliana Intan - 30 Jan 2024, 07.00 UTC
Mahasiswa UGM Tanam Rumput Gama Umami

Mahasiswa KKN-PPM UGM Periode 4 Tahun 2023 bersama kelompok kandang komunal di Desa Kendal menanam 200 stek rumput Gama Umami sebagai sumber hijauan pakan ternak bernutrisi tinggi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di area lahan Alas Kobong, Desa Kendal, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan pada Jumat (26/01/2024) lalu.

Dapat diketahui, rumput Gama Umami adalah jenis varietas rumput yang dikembangkan oleh Fakultas Peternakan UGM. Rumput ini merupakan hasil mutasi dari rumput gajah yang telah disinari dengan sinar gama sehingga lebih unggul dibandingkan dengan tetuanya.

“Penanaman benih stek Gama Umami ini dapat digunakan sebagai sumber rumput hijauan pakan ternak yang dapat diambil manfaatnya oleh peternak di Desa Kendal,” kata Rendi Maulana Aksan, Mahasiswa Peternakan UGM yang mencanangkan program penanaman rumput Gama Umami di Desa Kendal.

“Kegiatan ini juga bertujuan sebagai media untuk menyebarkan bibit benih stek Gama Umami yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Hampir serupa dengan rumput gajah, Gama Umami juga menjadi varietas rumput yang unggul, disukai oleh hewan ternak, serta cocok dikembangkan di Indonesia yang beriklim tropis. Hasil produksi rumput ini pun disebut lebih tinggi dibandingkan rumput gajah lokal, sebab dalam setahun dapat dipanen hingga 6 kali.

“Keunggulan dibanding rumput lainnya bisa dilihat dari produksi biomassanya. Hasil uji Gama Umami menunjukkan kalau produksi segar itu bisa mencapai 50-60 kg/meter persegi dibandingkan dengan rumput gajah lokal yang hanya mencapai 30 kg/meter persegi,” terang Rendi.

Adapun terkait dengan waktu pemanenan, rumput Gama Umami mulai bisa dipanen pada usia 12 minggu atau sekitar 3 bulan. Selanjutnya, rumput ini dapat dipanen selama 45-50 hari pada musim hujan serta 60 hari di musim kemarau.

“Waktu pemanenan Gama Umami menandakan kalau pertumbuhan pasca panen awalnya lebih cepat sehingga dapat dipanen kembali,” tutur Rendi.

Dengan adanya kegiatan penanaman rumput Gama Umami, harapannya mahasiswa KKN-PPM UGM dari Fakultas Peternakan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya meningkatkan kualitas pakan ternak di Desa Kendal.

“Kegiatan mahasiswa KKN ini sangat positif sebagai modal untuk pembuatan pakan ternak warga. Masyarakat bisa berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk menghadirkan hal-hal baru di sektor peternakan,” ucap Sokiran, salah seorang warga Dusun Krajan yang terlibat dalam kegiatan penanaman rumput Gama Umami.